Masalah pada Kulkas dan Cara Mengatasinya

 

Masalah pada Kulkas dan Cara Mengatasinya



1. Engsel pintu kulkas berbunyi

Saat membuka atau menutup pintu kulkas, terkadang kita mendengar suara yang tidak normal. Yaitu, suara gesekan yang terjadi pada engsel pintu kulkas.

Suara tersebut biasanya disebabkan oleh engsel pintu kulkas yang seret akibat kurang pelumas. Cara mengatasi masalah ini sangat mudah yaitu, dengan memberikan pelumas berupa minyak goreng atau minyak pelumas mesin jahit jika ingin hasil yang lebih baik.

2. Terdengar suara air mengalir

Jika Anda tiba-tiba mendengar suara air mengalir di dalam kulkas, Anda tak perlu merasa terlalu khawatir. Suara aliran air tersebut biasanya disebabkan oleh proses pendinginan suhu lemari es dengan cara mengalirkan cairan pendingin.

Disamping itu, suara seperti air juga biasanya terdengar ketika es dicairkan ketika proses defrost sedang berlangsung.

3. Kompartemen pembeku (freezer) bersalju

Apabila Anda menjumpai freezer atau kompartemen pembeku pada kulkas 2 pintu menunjukkan tanda-tanda bunga es atau bersalju, Anda tak perlu khawatir. Terlebih apabila jumlahnya tidak terlalu banyak.

Freezer yang bersalju biasanya disebabkan oleh masuknya udara luar yang panas ke dalam freezer yang bersuhu dingin. Proses ini biasanya terjadi ketika kita membuka freezer terlalu sering atau terlalu lama.

4. Ruang bawah kulkas tidak dingin

Apa penyebab bagian bawah kulkas tidak dingin? Apabila Anda menjumpai ruang bagian bawah kulkas tidak dingin, hal tersebut bisa disebabkan oleh isi kulkas yang terlalu banyak.

Apabila anda mengisi kulkas dengan bahan makanan yang sangat banyak, jangan lupa untuk memutar pengaturan suhu ke angka yang lebih rendah. Misalnya ke posisi angka 3 atau angka 2.

Isi kulkas yang terlalu banyak, selain menghambat aliran udara dingin, juga bisa memperlambat proses penyebaran suhu dingin di dalam kulkas.

5. Terdapat rembesan air di lantai

Jika suatu saat Anda memindahkan kulkas dan tiba-tiba menemukan genangan air di lantai, hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal. Diantaranya adalah:

  • Sistem pemanas yang tidak bekerja sebagaimana mestinya akan menyebabkan kebocoran hingga menimbulkan genangan air di lantai.
  • Tabung filter mengalami kerusakan dan menyebabkan air merembes. Jika kerusakan terjadi pada tabung filter, Anda disarankan untuk menghubungi call center.
  • Instalasi selang purifier yang tidak tepat juga bisa mengakibatkan kebocoran air pada kulkas. Masalah ini bisa diatasi dengan mengencangkan atau memasang ulang selang purifier.
  • Kebocoran pada selang air. Apabila ada kerusakan yang mengharuskan anda untuk mengganti sparepart seperti selang misalnya, Anda bisa membelinya di toko online atau bisa juga dengan menghubungi call center sesuai dengan merk kulkas yang anda miliki.
  • 6. Kulkas kurang dingin

    Penyebab kulkas kurang dingin yang pertama adalah penumpukan bunga es di freezer. Segera lakukan defrost untuk mencairkan bunga es segera setelah anda mengeluarkan semua isi freezer.

    Kehabisan freon atau kebocoran tabung freon juga dapat menyebabkan lemari es tidak dingin meskipun hidup. Untuk mengatasinya, periksa terlebih dahulu tabung freon. Apabila tidak ada kebocoran,maka kemungkinan besar penyebabnya adalah akibat kehabisan freon.

    Pintu kulkas tidak tertutup rapat juga bisa menyebabkan kulkas kurang dingin. Perhatikan seal atau karet pada pintu kulkas. Jika longgar, segera perbaiki dan ketatkan.

    7. Bocor di dalam kulkas

    Apabila Anda menemukan genangan air di dalam kulkas, hal tersebut bisa diakibatkan oleh beberapa hal. Diantaranya adalah, disebabkan karena kuah makanan yang tumpah karena wadah tidak tertutup rapat, bisa juga disebabkan karena Anda memasukkan makanan panas langsung ke dalam kulkas sehingga terjadi pengembunan secara berlebihan, dan bisa juga diakibatkan oleh pintu yang tidak tertutup rapat.

    Agar tidak terdapat genangan air di dalam kulkas, pastikan anda menutup rapat setiap wadah makanan atau minuman, dinginkan makanan hingga sama dengan suhu ruangan sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, pastikan pintu kulkas tertutup rapat setiap kali selesai membuka kulkas.

    8. Freezer tidak beku

    Apabila freezer tidak dapat membekukan makanan atau apabila makanan tiba-tiba mencair, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan masalah tersebut.

    Misalnya, penempatan kulkas yang terlalu dekat dengan sumber panas seperti kompor gas atau semacamnya, bisa juga disebabkan karena Anda memasukkan makanan yang masih panas, kulkas terlalu mepet dengan tembok, isi kulkas terlalu banyak, bisa juga disebabkan karena sistem pembeku yang tertutup bunga es.


9. Sisi lemari es terasa sangat panas

Jika anda baru membeli kulkas, dan saat meraba bagian sisi kulkas, anda merasakan dinding kulkas yang sangat panas, Anda tak perlu terlalu khawatir. Dinding sisi kulkas yang panas adalah sesuatu yang sangat normal.

Pasalnya, kulkas akan menghasilkan panas karena mesin kompresor sedang bekerja. Terutama pada awal-awal instalasi di mana kompresor cenderung bekerja lebih lama dan lebih keras untuk mendinginkan bagian dalam kulkas.

Tak hanya dinding bagian samping, bagian depan kulkas juga bisa menghasilkan panas ketika kompresor beroperasi. Selain itu, kulkas juga akan menghasilkan panas untuk mencegah agar pintu tidak mengembun.

10. Kulkas berdengung

Penyebab kulkas berdengung salah satunya adalah karena motor kipas bekerja pada kecepatan tinggi untuk menghasilkan suhu dingin sesuai dengan settingan. Penyebab lainnya bisa dikarenakan oleh lantai yang tidak rata atau struktur lantai rumah.

Apabila kulkas berdengung akibat motor kipas yang bekerja, Anda tak perlu khawatir. Karena hal tersebut dianggap cukup normal dan bukan sebagai tanda kerusakan.

Namun jika kulkas berdengung akibat permukaan lantai yang tidak rata atau akibat struktur lantai bangunan, sebaiknya cobalah untuk meletakkan alas yang terbuat dari benda-benda solid di bawah kulkas.

Komentar